6 Tips Membersihkan Kontrakan Yang Efektif dan Menyenangkan

Membersihkan kontrakan memang wajib hukumnya bagi Anda penghuni kontrakan. Namun seringkali jadwal membersihkan kontrakan berbenturan dengan jadwal lainnya sehingga rencana membersihkan kontrakan tak kunjung terealisasikan.

6 Tips Membersihkan Kontrakan Yang Efektif dan Menyenangkan

Selain agar sedap dipandang, membersihkan kontrakan juga merupakan salah satu cara agar Anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Berhubung Anda sekarang tinggal sendiri dan jauh dari orang tua, maka membersihkan rumah kontrakan harus dilakukan sendiri.

Agar lebih mudah, simaklah beberapa tips dalam membersihkan kontrakan yang akan disajikan berikut ini.

1. Lakukanlah di hari minggu pagi

Biasanya hari minggu adalah hari libur kuliah atau hari libur kerja sehingga waktu ini sangat cocok untuk membersihkan kontrakan Anda. Aturlah jadwal bersih-bersih kontrakan di pagi hari karena segala aktivitas memang lebih efektif jika dimulai pagi hari. Di siang hari, cuacanya pasti akan lebih panas dan Anda juga akan mudah lelah serta mengantuk. Untuk itu, penting sekali membersihkan kontrakan pada waktu pagi hari.

Mulailah bergerak sejak pagi, jangan biarkan waktu Anda terbuang sia-sia begitu saja karena hal ini sangat disayangkan. Bergeraklah dan jangan lupa terapkan hidup sehat karena Anda sekarang jauh dari orang tua sehingga harus bisa jaga diri dan tidak mengkhawatirkan orang tua Anda di rumah.

2. Siapkan hiburan

Membersihkan kontrakan membutuhkan waktu yang lama sehingga Anda membutuhkan hiburan supaya tidak jenuh. Terlebih lagi jika Anda membersihkannya seorang diri, pastilah hiburan seperti musik yang diputar melalui smartphone ataupun komputer sangat diperlukan.

Dengan adanya musik, pekerjaan bersih-bersih menjadi lebih menyenangkan dan suasana di kontrakan Anda tidak terasa sunyi. Namun ada hal yang perlu diperhatikan jika ingin memutar musik yaitu tidak perlu terlalu keras karena akan mengganggu tetangga Anda nantinya.

Aturlah volumenya agar musik tetap terdengar oleh Anda namun tidak menciptakan kebisingan bagi tetangga Anda.

3. Buka ventilasi

Pada saat melakukan bersih-bersih, alangkah baiknya jika Anda membuka ventilasi udara seperti pintu dan jendela agar udara dapat tergantikan dengan yang baru dan debu-debu yang beterbangan dapat keluar sehingga tidak meninggalkan pengap.

Kontrakan yang tidak disertai dengan ventilasi udara merupakan ciri dari kontrakan yang tidak layak huni karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan Anda. jika terdapat ventilasi udara, jangan tutup terlalu rapat agar udara dapat keluar masuk dengan bebas.

4. Kumpulkan sampah ke dalam plastik

Kumpulkan semua sampah yang ada di kontrakan Anda ke dalam satu kantong plastik. Pastikan bahwa semua sampah sudah terambil dan dimasukkan ke dalam plastik, kemudian setelah itu buanglah sampah tersebut ke dalam tempat sampah yang sudah disediakan. Dengan begitu, proses membersihkan kontrakan menjadi lebih cepat dan tertata.

5. Kumpulkan pakaian kotor pada satu tempat

Bagi Anda yang terburu-buru dan tidak begitu suka dengan kerapian, biasanya akan meletakkan baju kotor di sembarang tempat. Hal tersebut memang sudah kerap terjadi, namun lain halnya bagi Anda yang suka akan kerapian, pastilah baju kotor diletakkan dalam satu wadah agar terlihat rapi.

Bagi Anda yang bajunya masih berserakan, kumpulkanlah menjadi satu di dalam wadah kemudian cuci dan jemur. Setelah kering, langsung dilipat dan dimasukkan ke dalam lemari agar terlihat rapi lagi. Memang pekerjaan membersihkan kontrakan ini sangat sederhana, namun sering dianggap sepele oleh sebagian orang.

6. Susun barang serapi mungkin

Jika Anda memiliki banyak barang di kontrakan, susunlah secara rapi berdasarkan dengan jenisnya. Misalnya, buku yang Anda miliki disusun pada satu tempat yang sama secara rapi, kemudian pisahkan dengan peletakan tas, tempat makan, sepatu, dan barang-barang lainnya.

Agar kontrakan Anda terlihat lebih luas, Anda bisa memanfaatkan ruang di bawah tempat tidur untuk meletakkan barang-barang yang sekiranya jarang dipakai. Dengan begitu kontrakan Anda akan terlihat lebih rapi dan luas. Jangan lupa pula untuk merapikan kembali barang-barang setelah diapakai agar kamar Anda sedap di pandang.

Jangan sungkan-sungkan untuk membersihkan kontrakan Anda karena ini penting demi menjaga kesehatan Anda. Tips membersihkan kontrakan yang telah disajikan di atas dapat membantu Anda agar proses bersih-bersih menjadi lebih efektif dan juga menyenangkan. Yakin, tak mau mencobanya?