Mendesain Rumah Kontrakan Jadi Lebih Mudah, Dengan Tips Jitu Berikut Ini

Mendesain rumah kontrakan bukanlah perkara yang mudah jika Anda memang tidak pandai dalam bidang ini. Namun, jika Anda ingin mendirikan bisnis properti, maka Anda harus belajar mendesain kontrakan agar sesuai dengan apa yang Anda idamkan.

Mendesain Rumah Kontrakan Jadi Lebih Mudah, Dengan Tips Jitu Berikut Ini

Bagi Anda yang ingin mendirikan usaha properti berupa penyewaan kontrakan. Berikut ini akan dipaparkan informasi mengenai tips mendesain rumah kontrakan yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja.
Yuk langsung saja simak ulasan menariknya.

1. Rencanakan ide, konsep, dan juga desain kontrakan

Tentukanlah tema yang akan diambil pada kontrakan yang akan dibangun. Anda juga perlu memperhatikan luas lahan yang akan didirikan kontrakan tersebut. Jika, kontrakan terdiri dari lahan yang sempit, sebaiknya gunakanlah konsep minimalis. Konsep ini akan lebih relevan mengingat luas lahannya memang tidak terlalu luas.

Dari beberapa pengalaman para pebisnis properti, khususnya kontrakan, menambahkan kamar mandi di dalam ruangan merupakan sebuah tips yang perlu Anda lakukan karena akan semakin menarik perhatian para pengontrak untuk tinggal di kontrakan Anda. Ya, tips ini memang sudah menjadi rahasia umum bagi para pebisnis.

Jika Anda memiliki lahan yang luas untuk mendesain rumah kontrakan, maka gunakanlah model paviliun/petakan dengan minimal terdiri dari 3 petak yang terbagi menjadi ruang tidur, ruang tamu, dan juga kamar mandi, atau Anda juga bisa menambahkan dapur jikalau lahannya masih tersisa.

Anda pun bisa menerapkan konsep rumah yang minimalis yang di dalamnya terdapat beberapa ruangan pada umumnya, namun cukup dengan 1 kamar tidur saja.

2. Tentukan target pasar yang dituju

Target pasar yang akan dituju sesuaikan dengan lingkungan tempat Anda mendirikan properti. Jika wilayahnya dekat dengan perguruan tinggi, maka target pasar utama Anda adalah para mahasiswa.

Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk mendesain rumah kontrakan menjadi minimalis sehingga sesuai dengan kemampuan para mahasiswa. Ya, memang tidak banyak mahasiswa yang membutuhkan dapur karena mereka lebih suka membeli makanan daripada memasaknya sendiri. Jadi, model rumah minimalis tanpa dapur bisa Anda terapkan.

Jika sasaran Anda adalah karyawan yang sudah memiliki istri/suami, maka model kontrakan minimalis yang terdiri dari kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi & dapur, serta ruang makan merupakan alternatif yang cocok untuk Anda.

Pembagian target pasar juga dapat dibagi menjadi dua yaitu menengah ke atas dan menengah ke bawah. Dengan pembagian ini, maka Anda akan lebih mudah untuk menentukan desain yang akan diterapkan. Tentunya harga untuk menengah ke atas lebih mahal dibandingkan dengan menengah ke bawah dan fasilitas yang ditawarkan juga berbeda.

3. Keamanan dan kenyamanan

Keamanan dan kenyamanan merupakan hal terpenting dalam sebuah kontrakan. Dengan lingkungan yang bersih dan juga nyaman akan semakin membuat pengontrak tertarik dan betah untuk tinggal di kontrakan tersebut.

Pencahayaan dan juga sirkulasi udara merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh Anda. Dengan adanya fasilitas yang komplit seperti TV, AC, dan furnitur yang sering digunakan sehari-hari akan semakin menarik pengontrak untuk tinggal di kontrakan Anda. Bahkan, jika mereka merasa betah bisa menambah durasi untuk tinggal di kontrakan Anda.

Mendesain rumah kontrakan yang memisahkan wilayah antara laki-laki dan perempuan juga akan semakin menambah kenyamanan dari penghuni kontrakan. Jangan lupa pula untuk memberikan pelayanan yang ramah kepada mereka agar mereka semakin betah untuk tinggal di kontrakan Anda.

Pemilihan tempat untuk mendirikan sebuah kontrakan juga harus Anda perhatikan. Jangan sampai Anda memilih tempat yang kotor dan kumuh karena akan jarang orang yang ingin tinggal di tempat tersebut. Nah, untuk itu penting sekali bagi Anda untuk terjun ke lapangan secara langsung dalam memilih lahan yang digunakan untuk mendirikan kontrakan.

Akan lebih baik jika Anda memilih lahan yang berada di areal perkotaan karena selain letaknya yang strategis juga akan jauh dari kesan kumuh dan juga kotor. Dengan mendesain rumah kontrakan di areal perkotaan yang tentunya strategis merupakan suatu keuntungan untuk Anda karena akan ada banyak orang yang melihat rumah Anda dan bisnis Anda pun akan dengan cepat berkembang.

Faktor kebersihan memang menjadi fokus utama agar suatu hunian nyaman untuk ditinggali. Nah, setelah kontrakan Anda jadi, namun belum ada yang tinggal di dalamnya, alangkah lebih baik jika kontrakannya dibersihkan setiap saat agar tidak ada debu dan juga kotoran yang akan menempel. Dengan begitu, saat calon pengontrak akan meninjau ke lokasi, Anda sudah siap karena kontrakannya sudah bersih.

Mendesain rumah kontrakan tidak lagi terasa sulit setelah Anda menyimak informasi yang telah disajikan di atas. jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dari kontrakan Anda agar jika sewaktu-waktu ada calon pengontrak yang akan datang ke kontrakan, Anda sudah siap untuk menyambutnya. Tak perlu ragu lagi untuk mendirikan bisnis ini karena terbukti bahwa bisnis properti memang tidak ada matinya.