5 Tips Mencari Kontrakan Yang Harus Anda Pahami dan Terapkan

Mencari kontrakan memang bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, Anda harus memiliki strategi yang tepat agar kontrakan yang dipilih sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Dewasa ini ada banyak sekali orang yang mulai merambah bisnis properti, terutama kontrakan. Ya, bisnis yang satu ini memang sangat menjanjikan dan memiliki prospek yang besar di masa yang akan datang.

5 Tips Mencari Kontrakan Yang Harus Anda Pahami dan Terapkan

Tak heran jika banyak penyedia jasa kontrakan yang menawarkan berbagai penawaran menarik mulai dari harga yang murah hingga lokasi kontrakan yang strategis. Nah, sebagai konsumen, tentu Anda akan mengalami kebingungan mengenai hal tersebut.

Oleh karena itu, simaklah tips mencari kontrakan yang akan disajikan berikut ini.

1. Pilihlah harga sewa yang terjangkau

Harga sewa merupakan hal pertama yang harus Anda perhatikan. Dimana, Anda harus memilih kontrakan yang harga sewanya sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan sampai Anda menginginkan kontrakan yang mahal, namun uangnya tidak cukupi. Akan lebih baik jika Anda mencari kontrakan yang sederhana asalkan uangnya mencukupi.

Rumah kontrakan memiliki sistem pembayaran per bulan dan juga per tahun. Anda pun bebas memilih mau menggunakan sistem pembayaran yang mana. Yang terpenting adalah sesuaikan dengan kemampuan Anda saat ini. Anda pun bisa bernegosiasi dengan sang pemilik rumah mengenai sistem pembayaran yang akan digunakan.

2. Lakukanlah survey

Tips mencari kontrakan yang selanjutnya adalah dengan melakukan survey ke TKP secara langsung agar Anda bisa melihat sendiri keadaan dari rumah kontrakan yang akan Anda huni dengan begitu semuanya akan terlihat jelas dan Anda bisa memutuskan apakah rumah kontrakan tersebut layak untuk dipilih atau tidak.

yang perlu diperhatikan dalam melakukan survey ini adalah fasilitas yang disediakan apakah sudah sesuai dengan apa yang Anda inginkan? Kemudian kelayakan dari rumahnya apakah kamar mandinya bermasalah dan rumahnya sering mengalami bocor? Semuanya perlu untuk diperhatikan dan diperhitungkan agar Anda tidak merasa menyesal setelah tinggal di rumah kontrakan tersebut.

Untuk bisa mendapatkan rumah kontrakan yang sesuai dengan selera, alangkah lebih baik jika Anda melakukan survey tidak hanya di satu tempat saja melainkan juga di tempat yang lainnya, kemudian catatlah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing rumah kontrakan.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menyeleksi mana kontrakan yang cocok dijadikan sebagai kandidat dan mana yang tidak. Kemudian, pilihlah salah satu dari yang terbaik.

Perlu diperhatikan bahwa kontrakan yang Anda pilih haruslah disertai dengan aliran air yang bersih dan aliran listrik yang lancar karena kedua komponen tersebut sangatlah penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari Anda di dalam rumah.

3. Letaknya strategis

Letaknya strategis artinya bahwa lokasi kontrakan yang Anda pilih dekat dengan rutinitas Anda. Misalnya jika Anda bekerja, maka letak yang strategis adalah yang dekat dengan tempat kerja Anda.

Jika Anda seorang mahasiswa, maka letak kontrakan yang strategis adalah yang dekat dengan tempat kuliah Anda. Dengan memilih kontrakan yang strategis, Anda dapat menjangkau tempat suatu tempat dengan cepat dan dengan biaya yang terjangkau.

Selain itu, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam tips mencari kontrakan yaitu pilihlah kontrakan yang dekat dengan tempat ibadah. Terlebih lagi jika Anda seorang muslim, maka hal ini perlu untuk diprioritaskan. Arti dekat di sini adalah tempat ibadah tersebut bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki saja.

4. Lingkungan yang aman dan nyaman

Pilihlah kontrakan yang bersih serta lingkungan sekitar juga terjaga kebersihannya. Hal ini sangat penting karena tinggal di hunian dan lingkungan yang bersih akan membuat Anda menjadi lebih sehat. Contoh dari lingkungan yang bersih adalah jauh dari selokan yang berbau, jauh dari sisa pembuangan limbah pabrik, jauh dari tempat pembuangan sampah, dan jauh dari polusi pabrik.

Selain mencari kontrakan di lingkungan yang bersih, Anda juga perlu mencari kontrakan di lingkungan yang aman, yaitu yang bebas dari pencurian ataupun kerusuhan.

Pastikan bahwa Anda memilih kontrakan yang aman dan juga nyaman agar Anda tidak merasa khawatir tinggal di wilayah tersebut dan merasa betah jika tinggal di tempat tersebut dalam jangka waktu yang lama. Ya, sistem kontrak memang terdiri dari bulanan ataupun tahunan sehingga Anda harus bisa memastikan bahwa Anda merasa betah untuk tinggal di rumah tersebut.

5. Pilih dengan cermat

Pilihlah kontrakan dengan memperhitungkannya secara cermat karena Anda tidak hanya tinggal satu hari atau dua hari saja di tempat ini sehingga Anda harus mempertimbangkannya secara matang. Jangan sampai Anda menyesal setelah memilih kontrakannya.

Jika Anda masih bingung, bisa konsultasikan dengan orang yang sudah ahli dalam hal sewa menyewa kontrakan.
Beberapa tips mencari kontrakan tersebut bisa Anda terapkan agar mendapatkan kontrakan yang sesuai dengan harapan dan agar Anda tetap betah tinggal berlama-lama di dalam kontrakan tersebut. Selamat mencoba.